Minggu, 08 November 2009

Penghianat Agama

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Seperti yang kita ketahui bahwa Islam semakin lama semakin on-line, hal ini bisa kita lihat dengan banyaknya buku-buku, seminar-seminar, artikel-artikel tentang Islam dan panoramanya. bahkan kajian-kajian tentang hukum Islam sering diperdebatkan dengan argumen masing-masing yang semua mengklaim berdasarkan dalil-dalil al-Kitab dan as-Sunah. Namun apa bila kita lihat dalam paparan kehidupan masyarakat yang ada, maka buku-buku, seminar-seminar, artikel-artikel tersebut seolah-olah hanya sebuah panorama yang gamang yang tidak mempunyai pengaruh apa-apa pada tingkat keimaan manusia hingga termanifestasi dalam sebuah tindakan nyata. Banyak pembahasan tentang hukum Islam, namun sedikit yang melakukan hukum tersebut. Banyak yang mengkaji tentang Aqidah, namun banyak pula yang tersesat dalam filsafatnya sendiri. Banyak yang membahas tentang syari'at, namun melalaikan maslahahnya yang merupakan tujuan. Banyak yang membahas tentang zakat, namun mereka sendiri tidak peka terhadap fakir miskin dan anak yatim.
Saya ingat Firman Allah dalam surat Al-Ma'un, dimana Allah SWT jelas-jelas menceritakan sifat-sifat orang yang membahongi agama.
1. Tahukah kamu tentang orang-orang yang membohongi agama?
2. Yaitu orang-orang yang membentak-bentak anak yatim,
3. dan tidak menyuruh dan memberi makan orang miskin,
4. Maka bagi orang-orang yang shalat akan mendapatkan siksa neraka wail,
5. yaitu orang-orang yang melalaikan shalatnya.
6. Dan orang-orang yang melakukan riya' (memperlihatkan amalnya)
7. Dan orang-orang yang mencegah melakukan kebaikan.

Surat ini diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW untuk meberitahukan bahwa dianrata orang-orang Islam terdapat para pembohong atau orang-orang munafik.

wassalamu'aliakum Wr. Wb

1 komentar: